• Veritas vos liberabit!

    PEDOMAN DASAR KARYA PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG KUPANG


    I. ARAH DASAR

    Uamat Allah Keuskupan Agung Kupang mencita-citakan semakin terjalin keakraban dengan Yesus Kristus dalam menghayati panggilan kristiani yang menyelamatkan atas bimbingan Roh Kudus. Keakraban dengan Yesus Kristus berarti mencari terus-menerus Kehendak Bapa-Nya, menagalmi kehadiran Allah dalam doa dan karya sehari-hari, seraya melibatkan diri dalam perutusan Yesus Kristus secara iklas.

    Bersama seluruh masyarakat yang sedang memperbaharui diri, Umat Allah Keuskupan Agung Kupang ingin mewujudkan cita-citanya dengan memberdayakan Kelompok Umat Basis (KUB), agar semakn mandiri terbuka, bersahabat secara tulus dan berpihak kepada yang kecil, lemah, miskin dan tersingkir.

    Demi mencapai cita-cita tersebut umat Allah Keuskupan Agung Kupang ingin mewujudkan cita-citanya dengan memberdayakan peran serta seluruh umat Katolik dan membangun kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik.

    II. VISI

    Visi pastoral Keuskupan Agung Kupang adalah :

    • ”Persekutuan hidup Kristiani yang mandiri dan Setiakawan dalam semangat perutusan Yang saling melayani”
    • Visi ini merupakan pemahaman diri yang ingin dicapai oleh persekutuan Kristiani di wilayah Keuskupan Agung Kupang.
    • “Jangan takut, hai kamu kawanan kecil, karena Bapamu telah berkenan member kamu Kerajaan itu (Luk. 12 : 23)

    III. MISI

    Untuk mencapai visi di atas ini, maka Keuskupan Agung Kupang mengemban misi yang terumuskan sebagai berikut :

    1. Membuka peluang penyadaran iman kristiani dalam Kelompok Umat Basis sebagai kesaksian akan karya penyelamatan Allah dalam menghayati perutusan Yesus Kristus.

    2. Membangkitkan kesadaran umat akan kemandirian atas dasar semangat Injil yang didengar dalam tradisi Gereja lewat pemberdayaan Kelompok Umat Basis.

    3. Menggerakkan pemahaman dan penghayatan umat akan pentingnya kesetiakawanan dalam hidup Gereja yang memasyarakat.

    4. Mewujudkan daya tahan hidup umat dalam pergumulan kesejahteraan sebagai bagian dari perjuangan sukacita iman menuju persaudaraan sejati dengan semangat memberi.

    5. Mengembangkan dan memberdayakan Kelompok Umat Basis sebagai tempat pendidikan, pembinaan dan peningkatan mutu hidup pribadi dalam semua akpek kehidupan dan serentak latihan serta tempat pemantapan kehidupan social secara nyata, termasuk evaluasi dan pembaharuan.


    IV. PRIORITAS KARYA PASTORAL

    Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, maka prioritas karya pastoral di Keuskupan Agung Kupang dirumuskan sebgai berikut:

    1. Pengembangan pastoral partisipasi: keterlibatan seluruh umat dalam mewujudkan “arah dasar” kehidupan persekutuan kristiani, terutama dalam membangun kepemimpinan pastoral yang semakin terbuka dan terpusat pada hidup umat menurut pola hidup Yesus Kristus.

    2. Pengembangan kesejahteraan mandiri: pembangunan hidup iman umat harus terwujud dalam kepribadian social ekonomi keluarga dengan kerelaan dasar untuk membangun dari apa yang dimiliki dengan semangat rela berbagi.

    3. Pengembangan pemahaman ima dalam hidup umat : peningkatan pemahaman iman para pemimpin sebagai pembinbing dan Pembina iman umat setempat.

    4. Pengembangan pendidikan mutu hidup keluarga : peningkatan pemahaman orang tua akan nilai pendidikan dalam keluarga dan jalur sekolah dengan memberdayakan tanggungjawab terhadap kesejahteraan hidup roahani – jasmani para pendidik dan anak didik, terutama yang miskin dan lemah.

    5. Pengembangan mutu hidup umat : perhatian akan kesehatan hidup yang tertera dalam keseimbangan hidup dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, terutama dalam menghargai keutuhan alam ciptaan sebagai anugerah Tuhan.

    6. Pengembangan mutu hidup umat dilaksanakan dalam semangat keterbukaan yang tulus seraya mengupayakan kerjasama dengan agama-agama lain dan pemerintah setempat guna membangun budaya kasih.


    V. STRATEGI PASTORAL

    1. Terlibat : seluruh umat merasa memiliki dan bertanggungjawab atas semua usaha serta keinginan melaksanakan misi serta kegiatan dalam melakuan misi serta prioritas pastoral yang secara nyata disepakati dalam semua pranata pelayanan pastoral baik di tingkat Keuskupan maupun di tingkat Paroki.

    2. Terpadu : semua pelaku pastoral mendukung pengembangan informasi dan komunikasi yang membutuhkan keterpaduan program karya pastoral.

    3. Terpantau : kerjasama yang terbuka dalam melaksanakan karya pastoral dengan membangun mekanisme kerja pastoral yang jelas dan terpahami oleh semua umat dan semua orang yang berkehendak baik, terutama dikalangan para pemimpinnya.

    4. Terukur : kegiatan pastoral dilaksanakan menurut rencana yang realistis dan sesuai dengan kemampuan umat setempat. Hasil kegiatan pastoral menjadi kegembiraan persekutuan hidup umat yang saling melayani sebagai saudara-saudari Yesus Kristus.

    Comments
    0 Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Tinggalkan jejakmu di sini...

     

    About Me

    My Photo

    Catholic Priest|Amateur Historian|Classical-music Lover|St Michael Major Seminary| @Kupangensis Archdiocese of Kupang - Timor|

    Kalender Liturgi

    My Community