Saturday, August 13, 2011

MEDITASI SEJENAK: MENUJU KEHIDUPAN ABADI


(Arca Maria di tempat Gereja Santa Theresia Kefamenanu -TTU)

Maria Assumpta atau Maria diangkat ke surga merupakan salah satu dogma Gereja Katolik. Dogma ini ditetapkan oleh Paus Pius XII pada tanggal 1 November 1950. Bunda Allah yang tak bercela, setelah menunaikan kehidupan yang mulia dimuka bumi ini akhirnya memasuki surga dengan jiwa dan raganya.

Seperti Bunda Maria, kita semua pun akan diangkat ke surga dengan cara yang berbeda-beda. Masuk ke dalam surga adalah buah penebusan Kristus sendiri. Yesus sendiri telah berjanji kepada para muridnya, bahwa siapapun yang hidup seturut teladan Yesus sendiri, terutama dalam sengsara wafat dan kematiannNya tentu juga akan memperoleh rahmat kebangkitan, berbagi kebahagian di surga. Perbedaan Maria dengan kita yang lain adalah bahwa Maria tak perlu menunggu hingga akhir zaman untuk mendapatkan kebahagiaan surgawi. Kita mesti menanti. Maria adalah buah dari rahmat penebusan yang paling langsung dan paling nyata. Manusia pertama yang merasakan buah dari penebusan itu adalah Ibunda Tuhan kita: perawan yang tak bernoda Maria.

Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kita semua menuju kehidupan yang abadi. Mari kita melanjutkan perjalanan hidup kita dengan sinar harapan ini.